Jumat, 18 November 2011

        Pada suatu hari anda lupa mematikan PC dengan mail client terbuka, ketika anda sedang keluar kantor atau rumah. Padahal e-mail dan data-data anda bersifat rahasia. Bagaimana langkah anda dalam situasi ini ? Sekarang, Anda tidak usah bingung, karena dengan menggunakan handphone, anda dapat melakukan shutdown dari jarak jauh menggunakan mail client Anda.
        Penasaran pengen tau caranya, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mematikan PC anda dari handphone.

  1. Instal terlebih dahulu mail client pada PC anda, dalam hal ini adalah mozila Thunderbird. anda dapat mendownload mozila thunderbird disini (mozilla Thunderbird)
  2. Konfigurasi E-mail anda, agar dapat mendownload langsung e-mail dari mail server ke PC anda. Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan e-mail baru dalam jangka waktu 1 menit, karena dalam jangka waktu tersebut akan diperlukan untuk lama jeda eksekusi perintah shutdown yang dikirimkan ke e-mail anda.
  3. Download add-on yang bernama Mail Alert, yang berfungsi untuk memberikan eksekusi langsung terhadap e-mail yang masuk ke dalam inbox Anda. Add-on ini dapat di download disini (add-on mozilla) dengan mengetik kata kunci mailbox alert pada kolom search. Instal dari menu Tool - Add-ons, klik tombol instal pada jendela Add-on.
  4. Buat folder khusus dibawah inbox bernama matikan.
  5. Langkah selanjutnya adalah buat filter pada mozilla thunderbird dari menu tool - mesage filters, dan set sesuai dengan kolomnya, yaitu filter name = matikan, subject - contain - matikan. Untuk perform Move Message to, kedalam folder matikan yang telah anda buat.
  6. Buat notepad, dan tuliskan didalamnya shutdown.exe -s, kemudian Save As. ganti type menjadi All files, dan namakan file tersebut shutdown.bat, dan letakan file tersebut didalam folder konfigurasi Thunderbird.
  7. Buka kembali Mozilla Thunderbird, dan klik folder matikan yang tadi Anda buat. Klik menu Tool-Mailbox Alret Preperences. Berikan centang pada execute a command. Browse file shutdown.bat pada folder Thunderbird.
  8. Baiklah, sekarang anda dapat mencoba mengirimkan e-mail dari handphone anda dengan subject matikan. Apabila e-mail sudah dikirimkan, dan dengan catatan komputer anda selalu terkoneksi dengan internet, setelah e-mail yang dikirimkan dari handphone ter-download di komputer, maka akan muncul jendela peringatan bahwa komputer anda akan dimatikan dalam hitungan detik.
 
Sumber : Tabloid PC Media.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!