Rabu, 30 November 2011

             Masalah yang sering di hadapi oleh pengguna windows XP adalah koneksi internet yang sering terputus ketika sedang menjelajah ke situs internet. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut.


a. Menonaktifkan Sofware Firewall Sementara
         Terkadang software firewall, seperti ZoneAlarm atau Norton Personal Firewall, dapat menyebabkan gangguan koneksi internet. Biasanya masalah yang muncul adalah memperlambat koneksi internet anda, halaman website yang tidak merespon, atau membatasi untuk mengakses internet. Untuk menentukan jika firewall adalah penyebab dari masalah, anda dapat mematikan firewall untuk sementara waktu dengan cara berikut.
  1. Klik kanan pada ikon firewall anda, biasanya ikon tersebut berada pada sudut kanan bawah dekat jam windows anda.
  2. Pilih option Stop All Internet Activity.
  3. Coba hubungkan ke internet, jika sudah sukses, restart firewall anda dengan mengklik kanan pada ikon dekat jam windows dan pilih Enable atau Restore. Jika firewall tidak ada disana, anda harus menrestart dengan cara berikut ini. a.Klik tombol [Start] > [All program]. b. Pilih folder yang berisi nama firewall anda, misalnya menggunakan ZoneAlarm, pilih folder Zonelabs
  4. Jika anda mengaktifkan kembali firewall yang menyebabkan koneksi internet anda menjadi terganggu kembali, itu berarti firewall anda mengalami kerusakan. Silakan instal kembali firewall anda, dengan membuang atau meng-uninstall firewall yang lama. Setelah firewall selesai di-uninstall, restart komputer anda, dan coba untuk meng-install kembali.
b. Reboot Modem, Router atau keduanya
             Terkadang kegagalan pemakaian koneksi internet dapat disebabkan oleh hardware komputer yang error, seperti kabel, modem, atau router. untuk memperbaiki beberapa masalah dengan hardware, anda harus me-restart dengan cara berikut.
  1. Shutdown komputer
  2. Putuskan hubungan listrik (power) dibagian belakang yang masuk ke modem atau router. Metode lain yang bisa anda gunakan adalah dengan menekan tombol reset pada modem atau router.
  3. Lampu bagian modem gelap atau mati. Tunggu sampai 30 detik, kemudian hubungkan kembali ke listrik (power) modem anda. Hal ini akan membuat lampu bagian depan modem akan menyala kembali atau kedap kedip secara teratur. Tunggu sampai 30 detik, kemudian restart komputer anda.
c. Menggunakan ipconfig
            Jika mematikan firewall untuk sementara waktu dan reboot hardware tidak dapat menyelesaikan masalah koneksi internet yang terputus, kemungkinan hal itu disebabkan masalah pada IP address. Untuk menyelesaikan masalah ini, anda harus menggunakan program yang disebut sebagai ipconfig. Ikuti cara berikut ini.
  1. Klik [Start] > [Run], ketik cmd, kemudian klik tombol OK atau tekan Enter. Program akan menampilkan window Command Prompt.
  2. Ketik ipconfig/release dan tekan Enter.
  3. Ketik ipconfig/renew dan tekan Enter.
  4. Setelah selesai, tutup window command prompt.
d. Meng-install kembali TCP/IP
          Salah satu penyebab terputusnya koneksi internet adalah masalah pada bagian windows XP yang menangani koneksi internet. Untuk menyelesaikan masalah ini, anda harus meng-install kembali TCP/IP dengan cara berikut.
  1. Klik [Strat] > [Run], ketik cmd, kemudian klik tombol OK atau tekan Enter. Program akan menampilkan window command prompt.
  2. Ketik netsh int ip reset c:\resetlog.txt, kemudian tekan Enter.
  3. Catatan penting : Jika windows XP tidak di-install di drive c: anda harus me-replace c:/ dalam perintah yang benar.
  4. Jika anda sudah berhasil terhubung ke internet, anda boleh menentukan bahwa perbaikan ini telah merubah program antivirus, antispyware, software firewall, atau program lain yang memonitor aktivitas internet anda. Pada kasus ini anda harus meng-install kembali program tersebut. Karena perubahan TCP/IP akan mengubah setingan program-program tersebut. Jangan lupa meng-uninstall program dan restart komputer anda sebelum meng-install kembali program tersebut.
Memperbaiki Winsock
Hal lain yang bisa menyebabkan koneksi internet anda bermasalah adalah file winsock yang telah di ubah atau dirusak oleh spyware atau peganggu digital lainnya. Metode yang sesuai untuk memperbaiki masalah ini tergantung dari security windows yang di install pada komputer anda.

Untuk mengetahui service Park yang anda gunakan ikuti cara berikut.
Klik kanan pada ikon My Computer di Desktop
Pilih Properties
Setelah windows terbuka, klik tab General, lihat pada bagian system. didalamya anda akan melihat versi dari window yang anda gunakan termasuk sevice pack yang telah ter-install. Untuk memperbaiki winscok, coba perbaiki di bagian berikutnya sesuai dengan service pack-nya masing-masing.
    bersambung........

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!