Selasa, 15 November 2011

Hard Disc Bad Sector " Low Level Format "
          Peranan hard disc sangat penting sekali dalam suatu perangkat komputer. banyak sebab yang membuat hard disc anda mengalami bad sector, seperti sering diformat, adanya virus, atau usia dari hard disc tersebut. Untuk mengatasi permasalahan ini, anda harus melakukan beberapa langkah, mulai dari pemeriksaan sampai instalasi software.
           Cara praktis yang dapat dilakukan adalah dengan sistem low level format. Untuk mengetahui apakah komputer anda mengalami bad sector atau tidak, lakukan pemeriksaan berikut :

  1. Klik menu [Start] > [Run].
  2. Ketik chkdsk/f/v/r/xc:
  3. Biasanya komputer akan minta restart, kemudian akan muncul halaman informasi, tekan Y, kemudian Enter untuk me-restart komputer.
  4. Setelah itu, akan muncul proses scan pada hard disc anda.
  5. Anda dapat melihat apakah hard disc anda mengalami bed sector atau tidak (biasanya, jika prosesnya lama atau berhenti di tengah proses, berarti komputer anda mengalami bad sector).




Jika sudah mengetahui bahwa hard disc komputer anda bad sector, anda bisa menjalankan low level format dengan persiapan sebagai berikut.

1. Persiapkan CD atau flashdisc.
2. backup semua data yang ada di hard disc yang akan di low level format agar data anda tidak hilang, anda  dapat melakukan backup secara manual atau menggunakan software.
3. Download software untuk low level format sesuai dengan merek hard disc yang anda gunakan (setiap vendor berbeda). Berikut ini beberapa software low level format yang sering digunakan.

  •    Sutil untuk hard disc merk Samsung
  •    Seatool untuk hard disc merk seagate
  •    Maxblast untuk hard disc merk Maxtor
  •    Data Lifeguard untuk hard disc jenis Western Digital
  •    LLF untuk hard disc merk Quantum 
Ket : untuk software tsb di atas anda bisa mencarinya dengan bantuan mbah Google, maaf belum bisa menyediakan softwarenya.
4. Sebelum memilih software yang digunakan, periksa dulu jenis hard disc yang anda gunakan. Klik kanan My Computer, pilih Manage, pilih Device Manager, kemudian klik Disc Drive  maka akan muncul tipe hard disc anda.
5. Setelah anda menemukan salah satu software diatas sesuai dengan merk hard disc, langkah selanjutnya adalah install software low level format tersebut kedalam CD atau flashdisc (perhatikan softwarenya apakah support dengan perangkat tersebut)
6. Setelah selesai, restart komputer anda, kemudian booting melalui CD atau flashdisc.
7. Anda dapat menjalankan low level format sekarang, ikuti saja langkah langkahnya
8. Low level format yang anda jalankan sudah selesai.
9. Setelah hard disc bebas dari bad sector, anda dapat menginstal OS yang baru.
tampilan jenis hard disc


0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!