Minggu, 15 Januari 2012

         Jika tiba-tiba salah satu program anda tidak dapat di buka atau berjalan dengan baik, hal ini bisa disebabkan karena bentrok dengan software lain. Atau untuk alasan tertentu yang tidak diketahui, program tertentu tidak dapat tinggal dengan "nyaman" di dalam komputer yang sama. Pada kasus ini, ada beberapa perbaikan yang bisa anda coba.


a. Download Versi Baru.
          Beberapa perusahaan software meluncurkan versi terbaru dengan fitur baru untuk menyelesaikan masalah yang di temukan pada versi sebelumnya. Untuk itu anda perlu meng-upgrade program tersebut dengan cara berikut.
  1. Anda dapat membuka masalah pada program tersebut dengan sukses. Cari Option dengan nama seperti Check for Update. Biasanya dapat di temukan pada menu Drop Down yang berada pada bagian atas program tersebut.
  2. Jika menemukan Option ini, anda harus terhubung ke internet sehingga program tersebut dapat meng-Upgrade dirinya sendiri.
  3. Jika tidak dapat meng-upgrade program ini, atau update tidak dapat menyelesaikan masalah, periksa pada website pabrikan pada software tersebut untuk men-download versi barunya. Anda bisa men-download versi barunya secara gratis di website software tersebut.

b. Download Patch
          Banyak perusahaan menawarkan patch (tambalan) kecil yang dapat di download dari website untuk memperbaiki atau melengkapi software mereka. Untuk menempatkan dan men-download patch ini, ikuti langkah berikut ini.
  1. Hubungkan komputer anda ke internet, kemudian kunjungi website dari pabrikan program tersebut.
  2. Pada bagian atas dari halaman utama website tersebut, cari link dengan nama seperti Support atau Customer Service.
  3. Setelah anda mengklik link ini, maka lihat bagian dengan label Update atau Downloads.
  4. Klik link updates atau download, kemudian ikuti intruksi yang di tampilkan.

c. Menonaktifkan Software Antivirus atau Antispyware sementara.
          Walaupun software antivirus dan antispyware sangat penting untuk melindungi dan mengamankan komputer anda, tapi kadang-kadang dapat bertentangan dengan aksi dari program lain. Jika dengan cara meng-update atau men-download patch tidak dapat menyelesaikan masalah. Anda dapat mencoba dengan cara menonaktifkan atau mematikan software antivirus atau spyware dengan cara berikut.
  1. Putuskan koneksi jika komputer anda terhubung ke internet. Jika menggunakan dial up, anda harus log off dari layanan internet. Namun jika menggunakan DSL atau kabel jaringan, anda dapat melibatkan fitur lock dari software firewall. Oleh karena itu, anda harus melepaskan kabel ethernet dari colokan kartu jaringan di bagian belakang komputer.
  2. Klik kanan ikon program antivirus atau antispyware, yang terdapat pada sudut kanan bawah (notifications area) drai windows anda dekat dengan jam komputer.
  3. Pilih option untuk close atau disable, dapat juga dengan shutdown.
  4. Restart program anda yang bermasalah, Jika sudah berjalan dengan baik, pastikan  program antivirus dan antispyware tetap off, sampai anda selesai menggunakan progaram yang bermasalah tersebut.
  5. Ketika anda sudah siap untuk kembali menggunakan komputer secara normal, seperti menggunakan email atau berselancar di internet, maka aktifkan kembali software antivirus, yaitu dengan cara klik kanan ikon yang dekat pada jam windows dan memilih Enable atau Restore.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!