Rabu, 21 Desember 2011

          Penggunaan program umum lain yang digunakan oleh Use windows Xp dapat membuat system anda berjalan lambat. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi problem komputer yang lambat tersebut
.

a. Membuang spyware
          Spyware adalah istilah umum untuk program berbahaya yang berjalan secara pengecut di background anda, kemudian ia akan menyembunyikan program yang anda install. Salah satu ciri komputer anda terinsfeksi spyware adalah komputer akan menjadi lambat tidak seperti biasanya. Jika anda merasa komputer anda terkena spyware, ikuti cara berikut.
  • Hubungkan komputer anda ke internet.
  • Download dua program pembasmi spyware yang berbeda seperti berikut ini.
  1. Ad-Aware Free Version
  2. Spybot Search and Destroy
  3. Spy Sweeper
  4. eTrust PestPatrol
  5. McAfee AntiSpyware
  • Putuskan hubungan dari internet
  • Uninstall semua program file sharing seperti Kazaa, Bit Torrent, Limewire, atau Bearshare
  • Install salah satu program antispyware yang sudah anda download
  • Hubungkan ke internet. Buka program anti spyware, kemudian update program tersebut. Setelah selesai update, putuskan hubungan internet anda
  • Gunakan program antispyware untuk men-scan komputer anda, buang atau karantina setiap spyware yang ditemukan.
  • Jika komputer anda minta untuk merestart, ikuti intruksi tersebut.
  • Setelah kembali ke windows, install antispyware kedua anda.
  • Hubungkan ke internet, kemudian buka program antispyware tersebut untuk di-update.
  • Gunakan program antispyware kedua ini untuk men-scan komputer anda, buang atau karantina setiap spyware yang ditemukan.
  • Jika komputer anda masih terasa lambat, kemungkinan hal ini disebabkan oleh gangguan digital lain, seperti Virus,  worm, atau trojan horse. Gunakan software anti virus untuk mengatasi hal ini.
b. Hogging CPU
          Terkadang untuk alasan tidak nyata, suatu program dapat membuat dan mengambil semua daya CPU yang di kenal sebagai "Hogging CPU". Hal ini terjadi ketika komputer booting, atau komputer sedang bekerja seperti biasa. Untuk menentukan ya atau tidaknya suatu program sedang mengambil daya CPU, anda harus memeriksa CPU User Meter seperti berikut.
  • Secara bersamaan tekan tombol Ctrl+Alt+Delete, akan membuka Windows Task Manager.
  • Setelah window terbuka, klik tab Performance.
  • Pada windows bagian kiri adalah meteran digital CPU Usage. Jika anda membaca antara 90 sampai 100 persen, berarti sedang terjadi "Hogging CPU" pada komputer anda.
  • Klik tab Processes
  • lihat pada kolom CPU, lihat program yang memakai CPU, 90% atau lebih. Jika perlu, scrool bar ke bawah untuk melihat program yang menggunakan daya CPU yang paling besar.
  • Klik sekali program yang memakai daya CPU terbesar saat itu. 
 Perhatian :
jangan mengklik pada system Idle Process, walupun dia memakai daya CPU yang paling tinggi, karena ini adalah fungsi Windows yang tidak boleh di sentuh.
  • Klik tombol End Process yang berada pada bagian bawah window.
  • Kembali ke tab Performance untuk memverifikasi CPU. Lihat pada CPU Usage apakah sudah berada pada angka yang rendah atau belum.

c. Defragment Hard Drive
           Ketika anda sedang melakukan penambahan atau pembuangan software,anda harus mengatur system windows. Untuk merapihkan window anda dan membuatnya berjalan lebih cepat dan efisien, anda dapat menggunakan program yang disebut Disk Defragmenter dengan cara berikut.

  1. Tutup semua file dan folder yang terbuka pada komputer anda.
  2. Matikan untuk sementara waktu semua software antivirus anda.
  3. Klik timbol [Start] > [All Program] > [Accessories] > [System Tool].
  4. Kemudian pilih dan klik Disk Defragmenter.
  5. Setelah Disk Defragmenter terbuka, pada windows bagian atas klik drive C:. Jika anda menginstall windows XP di drive berbeda, klik huruf dari drive tersebut.
  6. Klik tombol Analyze.
  7. Hardisk anda akan di-scan dan di tentukan apakah akan di-defragment atau tidak. Jika ada pesan seperti "You should defragment this volume," kemudian klik tombol Defragment. Proses akan dimulai dan memakan waktu sekitar 30 sampai 60 menit sampai selesai, Untuk mendapatkan hasil maksimal, jangan gunakan komputer anda sampai proses defragment ini selesai.
  8. Setelah muncul pesan bahwa proses deframent sudah selesai, baca laporan yang di tampilkan dengan meng-klik tombol View Report. Jika anda tidak tertarik dengan laporan ini, klik tombol Close.
  9. Aktifkan kembali software anti virus anda.


d. Meluruskan Hard Drive
          Dengan banyak hard drive, akan terlihat lebih penuh dan akan menjadi lebih lambat. Jika Hard drive anda di isi dengan banyak file dan program, sebaiknya anda memindahkan ke hard drive kedua, baik itu internal maupun eksternal. anda memindahkan data ini dengan  cara copy - paste dari harddisk satu ke harddisk yang lainnya.

e. Menambah Memory
          Jika komputer anda secara konstan berjalan lambat seperti kura-kura, mungkin anda membutuhkan memory system tambahan, seperti RAM. untuk mengoperasikan windows XP dengan baik, anda membutuhkan RAM sedikitnya 256 MB. Untuk mengetahui berapa MB (megabytes) yang anda gunakan, ikuti cara berikut.

  1. Klik kanan pada ikon My Computer untuk menampilkan System Properties.
  2. Pilih Properties, maka System Properties akan di tampilkan.
  3. Setelah terbuka, klik tab General. Lihat pada bagian bawah nama CPU dan jumlah RAM yang anda gunakan. Jika RAM anda kurang dari 256 MB, sebaiknya anda segera meng-upgrade-nya.


0 komentar:

Poskan Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!